Berita

Pelatihan KP-SPAMS Program Pamsimas III HID Kab. Kendal

Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) Hibah Insentif Desa (HID) TA. 2021, memperkuat keberadaan Kelompok Pengurus Sistem Pengelolaaan Air Minum (KP-SPAM) merupakan kunci sukses secara berkesinambungan.

Fasilitator Senior PAMSIMAS Kabupaten Kendal, Muhammad Masyani Surono didampingi Fasilitator Masyarakat bidang Pemberdayaan dan Teknik, menerangkanbahwa perkuatan itu ditandai dengan pelatihan maupun pemahaman terkait pentingnya air bersih.

Pelatihan dilaksanakan pada Hari Selasa tanggal 16 Maret 2021 di Balai Desa Bendosari Kecamatan Plantungan, dengan mendatangkan Nara Sumber dari Fasilitator Senior Pamsimas, Fasilitator Masyarakat (Pemberdayaan dan Teknik) dan dihadiri oleh Pengurus KPSPAMS Cipto Panguripan, Tim Satlak, KKM dan Tokoh Masyarakat.

Pada kesempatan tahun 2021 ini, Desa Bendosari mendapatkan Program HID dengan Penerima Manfaat di Dusun Si Bantal dan Dusun Si Dengkeng yang masih sangat membutuhkan air bersih yang layak. Saat ini warga Dusun tersebut masih sering kekurangan air, maka dengan Program HID kali ini, diharapkan bisa memberikan penyediaan air yang layak dan cukup dalam kebutuhan sehari-hari.

Sambutan awal disampaikan oleh yang mewakili Bapak Kepala Desa Bendosari, Bapak Cipto selaku Kasie Perencanaan di Pemerintah Desa Bendosari. Dalam sambutannya disampaikan bahwa setelah pembuatan bak penangkap mata air (bronchaptering) dan pembangunan bak penampung selesai, maka masyarakat tergabung dalam pengurusan akan bergerak mengelola dan pemeliharaan dari Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM).

Terkait kesuksesan tersebut, lanjutnya, maka perlu peran serta masyarakat dengan berbagai kemampuan setelah dilakukannya pelatihan pengelolaan SPAMS.

"Hadirnya KP-SPAM merupakan wujud partisipasi dan tanggungjawab masyarakat dalam mengelola sarana yang telah dibangun melalui program PAMSIMAS yakni tentang keberlangsungan ketersediaan air bersih" ujar Masyani Surono.

Ditambahkan Masyani Surono, KP-SPAM harus memastikan keberlanjutan program dan menjadi mitra pemerintah desa dalam memberikan pelayanan dasar air minum secara berkelanjutan, peran KP-SPAMS sangat penting dalam mendukung akses universal air minum dan sanitasi.

Dalam Tahap Pelaksanaan Program HID TA 2021 ini, dilaksanakan Pelatihan Pengelolaan SPAM yaitu Peningkatan Kapasitas Kelembagaan KPSPAMS (Penguatan di bidang Administrasi Keuangan dan Teknik SPAM).

*

Share :

Cuaca Hari Ini

Minggu, 23 Juni 2024 14:11
Awan Mendung
31° C 31° C
Kelembapan. 58
Angin. 2.6